Rekomendasi Olahraga untuk Jantung Sehat Agar Kerja Jantung Lebih Optimal

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Lalu, apakah ada olahraga untuk jantung sehat yang tidak terlalu beresiko? Meski seseorang memiliki masalah jantung, olahraga tetap harus rutin dijalani. Namun, dengan jenis dan intensitas yang berbeda, yaitu olahraga ringan dengan intensitas yang ringan pula. Jika dilakukan dengan rutin, maka akan tercipta jantung yang lebih sehat. Inilah beberapa olahraga yang cocok untuk jantung sehat.

  1. Aerobik

Aerobik merupakan olahraga yang dari dulu hingga sekarang disukai semua orang dari berbagai kalangan usia. Ini disebabkan Aerobik memiliki beberapa intensitas yang sesuai dengan kemampuan fisik seseorang, dari intensitas ringan, sedang, hingga berat. Untuk jantung yang sehat, Anda bisa mencoba olahraga Aerobik, seperti berjalan cepat, jogging, bersepeda, dan olahraga lain berintensitas ringan. Dengan rutin melakukan Aerobik, maka Anda juga dapat meningkatkan kualitas pernafasan.

  1. Yoga

Olahraga untuk jantung sehat yang selanjutnya adalah Yoga. Yoga sendiri selama beberapa tahun ini seakan menjadi sebuah trend dalam dunia olahraga. Yoga merupakan olahraga berintensitas ringan yang mengandalkan meditasi. Jadi, olahraga ini akan melatih fisik Anda dengan mengatur nafas, pikiran, dan fokus. Sehingga, kerja jantung Anda akan semakin tenang.

  1. Renang

Olahraga renang memang sangat efektif untuk melatih jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat. Berenang juga membutuhkan pengaturan pernafasan yang baik, sehingga membuat kerja jantung lebih optimal.

Itulah beberapa olahraga untuk jantung sehat berintensitas ringan yang bisa Anda coba. Anda bisa menjalankan satu jenis olahraga terlebih dahulu sebagai permulaan. Jika jantung Anda sudah bisa bekerja lebih optimal dan membutuhkan olahraga yang lebih intens, maka Anda dapat mencoba lebih dari satu jenis olahraga. Namun, ada batasan waktu tertentu untuk berolahraga dalam seminggu. Hal ini untuk meminimalisir cedera yang bisa saja terjadi karena tubuh dipaksa berolahraga terus menerus. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui berapa kali dalam seminggu Anda bisa berolahraga dengan intensitas tertentu.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *