Rajin Meditasi Bikin Jantung Sehat, Ini 5 hal yang Perlu Anda Perhatikan

Ada banyak cara untuk melatih diri agar terbebas dari rasa cemas dan stres salah satunya dengan melakukan meditasi. Bahkan bukan hanya untuk menenangkan diri saja, meditasi rupanya juga bisa berguna untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung loh.

Berdasarkan sejumlah riset yang dilakukan oleh beberapa ahli yang terbit dalam jurnal heart association america meditasi rupanya telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung para penganutnya. bukan hanya menjaga kesehatan jantung saja yang terjaga, rajin melakukan meditasi juga bisa menghindari penyakit kardiovaskular lainnya. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa meditasi membuat arteri dalam tubuh bisa bekerja maksimal sehingga aliran darah ke jantung pun meningkat.

Harvard medical School pun juga pernah melakukan penelitian terkait dan membuktikan bahwa dengan melakukan meditasi lima menit sehari selama 10 hari terbukti bisameningkatkan variabilitas detak jantung. Hal ini penting karena bisa mencerminkan kondisi dan interval waktu antara setiap jantung. Semakin tinggi variabilitasnya maka membuktikan kondisi jantung yang sehat. begitu juga sebaliknya, ketika variabilitas rendah, resiko serangan jantung dan serangan stroke pun bisa meningkat hingga 45%.

Namun, meski terbukti memiliki manfaat positif bagi jantung, bukan berarti seseorang boleh bergantung hanya dengan meditasi saja loh. tetap harus melakukan tindakan preventif lainnya agar tingkat resikonya semakin menurun. setidaknya ada 5 saran yang ditulis oleh healthline untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Hindari lemak trans

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, namun bukan berarti lemak trans baik dikonsumsi. Mengonsumsi lemak trans jangka panjang dipercaya bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh dan membuat kolesterol baik menurun.

  1. Jaga gigi

Banyak yang tidak menyadari jika gigi memiliki peranan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Menjaga gigi sama artinya dengan menjaga jantung kita. berdasarkan riset yang dilakukan bakteri dalam mulut bisa mengaktifkan protein c-reaktif yang mana jika berlebihan bisa menyebabkan peradangan pembulu darah dan meningkatkan resiko jantung.

  1. Tidur yang cukup

berdasarkan riset dari 3000 orang dewasa diatas 45 tahun dan tidur kurang dari 6 jam setiap harinya terbukti lebih beresiko terkena jantung. Kurangnya tidur memang bisa membuat terjadinya gangguan kardiovaskular/

  1. Jangan duduk terlalu lama

Duduk dalam jangka waktu lama rupanya memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh. selain bisa meningkatkan resiko trombosis vena dalam, duduk berlebihan juga bisa meningkatkan resiko kardiovaskular.

  1. Hidari asap rokok

Meski terkesan sepele, rupanya paparan asap rokok bisa meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 30 persen. Bahkan berdasarkan data american heart association asap rokok memiliki kontribusi aktif hingga 34.000 kematian akibat penyakit jantung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *