5 Solusi Genset Tidak Keluar Tegangan

Hadirnya genset bisa menjadi solusi dalam berbagai permasalahan yang ditimbulkan karena adanya pemadaman listrik. Namun, memiliki genset saja bukan berarti anda bisa santai-santai saja, mengingat genset juga perlu mendapatkan perawatan secara berkala agar dapat digunakan setiap saat.

Salah satu permasalahan genset yang sering muncul adalah tidak keluarnya tegangan listrik. Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan mesin yang tidak sesuai dan sedikit abai sehingga menyebabkan tegangan listrik jadi hilang. Jika sudah terlanjur, maka anda harus memeriksa komponen genset tersebut untuk memastikan apa penyebab tidak keluarnya listrik tersebut.

Berikut ini adalah 5 Hal Penyebab genset tidak keluar listrik

  1. Kabel output bermasalah

Lakukan penelusuran kabel yang keluar dari genset. Jika ada yang terputus, terbuka atau meleleh segera sambung dan tutup dengan isolasi. Jangan lupa lakukan pengecekan dengan multitester untuk melihat aliran listrik sudah normal kembali atau belum. Rusaknya kabel output merupakan hal yang wajar pada genset. hal ini karena kabel tidak kuat menahan panas yang dihasilkan listrik.

  1. Kapasitor terbakar

Berbeda halnya dengan genset yang memiliki kapasitas besar, genset berkapasitas dibawah 2500watt biasanya masih menggunakan kapasitor. Fungsi dari kapasitor ini untuk membantu mengontrol arus yang dihasilkan genset. Jadi ketika penggunaan listrik melebihi batas maka otomatis akan terbakar. Perbaikan yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengganti kapasitor yang rusak tersebut dengan kapasitas yang sama.

  1. AVR Mati

AVR alias Automatic Voltage Regulator merupakan salah satu part pada genset yang memiliki fungsi hampir sama dengan kapasitor yakni sebuah pengatur arus listrik, namun bedanya adalah penggunaanya dimana AVR digunakan pada genset berkapasitas besar.

Biasanya kerusakan pada AVR bisa di lihat dari kondisi fisiknya seperti misalnya meleleh, sambungan terputus atau adanya retakan pada AVR. Penggantian AVR pun juga harus seperti yang digunakan sebelumnya. Jangan coba-coba untuk mengganti AVR dengan kapasitas yang lebih besar atau kecil.

  1. RPM Mesin Menurun

Genset bekerja dengan memanfaatkan putaran mesinnya. Jadi ketika putaran mesin mulai menurun kecepatannya maka listrik yang dihasilkan pun akan menurun bahkan tak bisa menghasilkan sama sekali. Ketika anda mengalami hal ini maka anda harus mengecek bagian karburator, busi dan but head. pastikan tidak ada kotoran dan jika dirasa sudah waktunya ganti, segera ganti hal ini biasanya terjadi pada busi.

  1. Generator Terbakar

Penyebab genset tidak mau hidup adalah generator yang terbakar. Biasanya ini terjadi karena bagian rotor dan stator menempel secara tak sengaja. hal ini membuat generator mudah panas sehingga selang waktu tertentu akan overheat dan terbakar.

Demikianlah 5 solusi genset tidak keluar tegangan sehingga tidak mau hidup. Jika anda mencari genset dengan harga murah dan pelayanan purna jual terbaik silahkan cek di https://www.abcpowergenset.com/harga-genset/.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *